Sarang Semut dan Manfaat Kesehatannya

The following two tabs change content below.

Muslim Amanah

Konsultan Kesehatan at Ahli Herbal
Penggiat herbal dan kesehatan. Pengelola ahliherbal.com, toko obat herbal alami tradisional.

Tumbuhan sarang semut terbukti mengandung berbagai zat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Di dalam tumbuhan sarang semut terdapat zat dan kandungan nutrisi seperti tokoferol, flavonoid, dan fenolik. Tak heran pasca ditemukannya zat-zat penting ini, tumbuhan sarang semut kerap kali menjadi bahan perbincangan khususnya bagi para kalangan ilmuwan dan ahli medis. Berdasarkan berbagai penelitian ilmiah, tumbuhan sarang semut juga memiliki khasiat yang sangat luar biasa untuk kesehatan manusia. Tentu sebagai orang yang tinggal di kawasan Asia Tenggara, kita beruntung karena kita bisa menemukan tumbuhan sarang semut ini di sekitar rumah kita. Tumbuhan sarang semut ini banyak dijumpai di kawasan Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Sebelum para peneliti menemukan bahan obat yang bersumber dari tumbuhan sarang semut, sejak puluhan atau bahkan ratusan tahun yang lalu nenek moyang kita sudah menggunakan tumbuhan sarang semut ini sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Penyakit yang dapat disembuhkan oleh obat herbal sarang semut ini sangat bervariasi, mulai dari penyakit ringan maupun penyakit berat. Sekedar tambahan info, ada cukup banyak jenis tumbuhan sarang semut dan hanya dua jenis saja yang bisa dimanfaatkan sebagai obat. Kedua jenis tumbuhan sarang semut tersebut adalah Myrmecodia dan Hydnophytum. Hydnophytum memiliki 45 spesies yang sudah sangat dikenal oleh masyarakat Asia Tenggara.

Hydnophytum dan Myrmecodia

Di Indonesia sendiri Hydnophytum formicarum dikenal dengan nama Urek Urek Polo. Urek Urek Polo ini dimanfaatkan oleh masyarakat Jawa sebagai obat penghilang bengkak dan sakit kepala. Spesies yang sama diberi nama Banghai di Negara Thailand. Banghai ini adalah obat penyakit liver dan gangguan pencernaan. Adapun serbuknya digunakan sebagai obat cacingan, penyakit tulang, paru-paru, penyakit kulit, dan sebagai obat penyakit diabetes. Di Thailand, tumbuhan ini dipakai untuk melawan kanker.

Myrmecodia, jenis tumbuhan sarang semut yang kedua, yang bisa dimanfaatkan sebagai obat adalah Myrmecodia Tuberose dan Myrmecodia Pendans. Baik jenis Myrmecodia dan Hydnophytum memiliki kandungan super yang sangat ampuh untuk mengobati penyakit. Dan bahkan penyakit kanker pun dapat disembuhkan dengan obat herbal ini. Kandungan Flavonoid pada tumbuhan sarang semut berperan sebagai zat antioksidan yang mampu menangkal zat-zat radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Flavonoid ini mampu melindungi struktul sel serta meningkatkan fungsi vitamin C serta sebagai zat anti inflamasi dan antibiotik. Zat antibiotik alami ini kemudian dapat mengganggu aktivitas mikroorganisme yang merugikan tubuh manusia seperti virus dan bakteri. Yang tidak disangka, herbal ini juga dapat bersifat anti korosi.

Kandungan lainnya yaitu tannin. Tanin berperan mengendapkan protein yang berlebih dalam tubuh. Tanin sangat ampuh untuk Anda yang menderita diare, wasir, keputihan, dan pendarahan. Dan yang berperan untuk mengendalikan kadar gula dalam darah serta berperan sebagai antimikroba adalah polifenol. Tokoferol adalah zat antioksidan dan magnesium berkhasiat untuk meningkatkan fungsi otot serta mengatasi penyakit migrai, jantungm prostat, ginjal, serta dapat meningkatkan gairah seksual seseorang.