Mengurangi Sakit Gigi Pada Anak

The following two tabs change content below.

Muslim Amanah

Konsultan Kesehatan at Ahli Herbal
Penggiat herbal dan kesehatan. Pengelola ahliherbal.com, toko obat herbal alami tradisional.

Sakit gigi dapat mengganggu putra-putri Anda. Memeriksakan dokter gigi merupakan langkah terbaik untuk mengobati sakit gigi pada anak-anak Anda, namun hal ini tidak dapat dilakukan jika sakit gigi tersebut terjadi pada malam hari atau pada saat-saat dokter gigi tidak buka. Cara penanganan sederhana dapat membantu meredakan sakit gigi pada anak-anak untuk sementara waktu sebelum berobat ke dokter gigi.

Langkah 1

Bersihkan kedua sisi gigi yang menyebabkan sakit gigi. Potong dental floss (benang gigi) sepanjang 6 inci (15 cm) dan pegang kedua ujungnya dengan erat. Gosokkan floss (benang gigi) dengan gerakan maju mundur pada gigi anak Anda. Jika sisa makanan yang menempel menyebabkan sakit gigi, benang gigi akan meluruhkannya.

Langkah 2

Taruh icepack di rahang anak Anda. Taruh icepack di plastik tertutup atau jika tidak tersedia icepack komersial dapat menggunakan satu bungkus kacang polong beku. Jika tidak bisa menggunakan kantung kompres dingin (ice bag) yang terlebih dahulu diisi dengan menggunakan air dingin. Letakkan icepack pada area yang sakit selama 15 hingga 20 menit dan dapat diulangi seperlunya. Es dapat membantu menghilangkan sementara rasa sakit.

Langkah 3

Berikan anak Anda obat penghilang rasa sakit nonresep. Ibuprofen dan asetaminofen atau parasetamol dapat membantu menghilangkan rasa nyeri yang diakibatkan sakit gigi.

Langkah 4

Berikan anak Anda minuman yang agak dingin atau hangat. Hindari minuman yang terlalu dingin atau panas karena akan memperparah sakit gigi. Jangan pula memberikan makanan-makanan yang manis pada anak Anda. Kandungan gula pada makanan yang manis akan memperparah sakit gigi.

Langkah 5

Gunakan obat-obatan pengurang rasa topikal. Produk yang mengandung benzokain, dapat membuat gigi dan area disekitarnya mati rasa sementara. Atau dapat pula menggunakan minyak cengkih/ eugenol. Oleskan obat topikal pada gigi yang sakit dengan menggunakan kapas yang bersih.

Petunjuk dan Peringatan

  • Hindari memberikan makanan kepada anak Anda ketika menggunakan obat topikal pengurang rasa sakit hingga rasa kebas yang diakibatkan oleh obat tersebut hilang. Memberikan makanan saat masih terasa kebas di bagian lidah atau mulut dapat membuat anak tanpa sengaja menggigit lidah atau bibir ketika sedang mengunyah. Alan Carr, D.M.D., dari Mayo Clinic, mengatakan bahwa sakit gigi juga dapat diakibatkan oleh sinusitis. Sakit gigi yang disebabkan oleh sinusitis umumnya terjadi pada gigi atas bagian belakang yang berdekatan dengan sinus. Jika anak Anda menderita sakit gigi yang disertai dengan hidung berair, hidung tersumbat, nyeri tenggorokan, batuk, demam atau sakit kepala maka kemungkinan anak Anda juga menderita sinusitis.
  • Academy of General Dentistry menyarankan untuk tidak mengoleskan aspirin pada gusi sebagai penghilang rasa sakit. Aspirin dapat membakar jaringan gusi yang sensitif dan sebaiknya tidak digunakan untuk menghilangkan rasa nyeri pada anak-anak karena dapat menyebabkan Reye’s Syndrome, yaitu suatu kondisi yang dapat menyebabkan kematian ditandai dengan gangguan berbagai organ terutama hati.

Bahan-bahan yang Diperlukan

  • Dental floss (benang gigi)
  • Icepack atau kantong es
  • Es
  • Tas plastik
  • Kacang polong beku
  • Obat-obatan penghilang rasa nyeri nonresep
  • Obat-obatan topikal penurun rasa sakit

Referensi Artikel