Menggunakan Bawang Putih Untuk Meredakan Sakit Gigi

The following two tabs change content below.

Muslim Amanah

Konsultan Kesehatan at Ahli Herbal
Penggiat herbal dan kesehatan. Pengelola ahliherbal.com, toko obat herbal alami tradisional.

Sakit gigi merupakan rasa sakit pada gigi atau area disekitarnya yang disebabkan oleh kerusakan gigi. Kerusakan gigi dapat disebabkan oleh plak gigi yang menempel dan merusak bagian enamel sehingga menyebabkan rasa sakit dan kadangkala memicu gigi berlobang. Menurut Suresh Babu, penulis  “A Treatise on Home Remedies,” sakit gigi dapat diobati dengan mengoleskan bawang putih pada gigi yang sakit. Bawang putih telah lama digunakan dalam pengobatan dikarenakan memiliki banyak senyawa-senyawa aktif, termasuk salah satunya adalah alisin, senyawa kimia yang dapat menghilangkan rasa nyeri dan radang. Konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan pengobatan alternatif.

Langkah 1

Buatlah pasta dari dua siung bawang putih yang telah dikupas. Masukkan bawang putih dan satu sendok teh garam ke dalam mortar (lesung) atau mangkok.

Langkah 2

Gunakan ulekan atau peralatan lain untuk menghaluskan kedua bahan tersebut. Jika pasta terlalu kering tambahkan beberapa tetes minyak zaitun kedalamnya.

Langkah 3

Oleskan pasta pada gigi yang sakit dan biarkan setidaknya selama 30 menit. Rasa nyeri akan hilang jika pasta digunakan terus menerus hingga empat kali sehari. Jika sakit gigi belum sembuh setelah satu minggu, hubungi dokter gigi.

 Bahan-bahan yang diperlukan

  • Bawang putih segar
  • Garam
  • Sendok
  • lesung dan ulekan
  • Minyak zaitun

Referensi Artikel